Minggu pada tanggal 31 mei 2009, aku dan 3 orang temanku yaitu : Rian, Novian dan Dono berniat melakukan caving di goa buniayu sukabumi. Setelah sehari sebelumnya (sabtu) kami mengunjungi PPSC maka baru pada minggu pagi ini kami sempat ke goa buniayu ini. Kami berangkat pada pukul 7 pagi dengan diantar kakak dari teman kami rian untuk menuju ke goa buniayu ini. Lama perjalanan yang kami lalui sekitar 1 jam dengan kondisi jalan yg berkelok kelok. Tak lama kami tiba di gerbang utama obyek wisata ini dan perjalanan dilanjutkan kurang lebih sekitar 5 menit untuk mencapai pos pendaftaran di goa buniayu ini.

Di pos ini ternyata telah menunggu pak Kakay yaitu seorang ranger yang bertugas di goa ini sambil ditemani Iwan sebagai lokal guide kami dalam penelusuran goa nanti. Goa buniayu ini terdiri dari 2 buah goa, yang pertama adalah goa wisata dengan jarak sekitar 300 meter dan goa ini lebih sering ditujukan untuk wisatawan. Goa yang kedua ditujukan untuk kalangan profesional dengan jarak 2,5 Km dan dapat ditempuh antara 3 – 5 jam perjalanan. Setelah proses pendaftaran selesai kami pun bersiap siap memakai perlengkapan yang diwajibkan disini hal ini diharuskan khusus untuk para peserta yang akan memasuki goa ke-2 (dengan panjang 2,5 Km).

Perlengkapan yang kami pakai antara lain : helm+head lamp (saran sebaiknya membawa batu batere untuk helmnya ukuran 2 AA 2 buah), baju lapangan dan sepatu boot. Setelah semua komplit kami bergerak dengan dibimbing pak Kakay dan Iwan untuk menuju lubang goa yang terletak tidak jauh dari pos pendaftaran yang berada di area perkebunan penduduk.

Setelah tiba ternyata lubang goa ini seperti celah sempit yang memanjang dengan sebuah batu besar tepat berada diatasnya. Setelah Iwan selesai memasang tali tali rappeling pada karang2 disekitarnya kami pun mulai diturunkan satu persatu. Dan pada pukul 9 pagi ini penelusuran goa ini pun dimulai.

Dengan kedalaman 32 meter kami meuruni celah tersebut dan begitu sampai dasar kami sempat terkagum kagum dengan luasnya ruangan di dalam goa ini dan hanya tampak lubang kecil diatas tempat dimana kami tadi mulai masuk.

Tak lama kami mulai menelusuri perjalanan dalam goa ini, perjalanan di mulai dengan mengikuti alur sungai bawah tanah ini. perjalanan di dalam goa ini sangat beragam mulai dari yang mendaki, menurun bahkan medan lumpur dan kering pun ada disini dan tentu saja dengan pemandangan stalagtit dan stalagnit yang indah di sepanjang perjalanan.

Didalam goa ini kami juga sempat menjumpai beberapa kelelawar yang bergantungan di langit2 goa juga beberapa ikan dan serangga seperti jangkrik ada di dalam goa ini. Setelah 2 jam perjalanan kami memutuskan untuk beristirahat dan kami menanyakan kepada Iwan kira2 kita berada di kedalaman berapa ia pun menjawab “50 meter dibawah tanah” wow rupanya dalam juga tempat kami berada saat ini, namun suasana di dalam goa ini tidak panas.

Setelah cukup beristirahat kami kembali melanjutkan perjalanan dan tibalah kami di medan lumpur hahaha cukup sulit kami melaluinya setelah itu dilanjutkan dengan jalan yang teramat terjal cukup sulit juga mendaki dengan kondisi goa yang licin dan berlumpur ini.

Tak lama setelah melalui medan ini kami tiba di pintu keluar goa dengan menyusuri susunan anak tangga yang berjajar, waktu menunjukkan pukul 12 siang dan begitu keluar kami segera menuju ke air terjun yang kurang lebih berjarak 1 Km untuk mandi, karena kami sudah cukup mandi lumpur sekarang saatnya mandi air bersih hahaha….

Setelah selesai mandi kami kembali menuju pos pendaftaran untuk mengembalikan perlengkapan yang ditempuh cukup jauh juga sekitar 20 menit perjalanan, setelah berpamitan kepada pak Kakay dan Iwan kami kembali ke Sukabumi (terminal) untuk kembali menuju jakarta. Sungguh pengalaman yang menyenangkan.