Tanggal 30 kemarin aku dan beberapa temannku berkunjung ke sukabumi tepatnya di daerah Desa Cisitu Kecamatan Nyalindung untuk mengunjungi PPSC (Pusat Penyelamatan Satwa Cikananga). PPSC yang bekerja sama dengan Wani Care Foundation ini telah banyak menampung berbagai macam satwa untuk dirawat dan dilindungi sebelum nanti akan dikembalikan ke habitat aslinya. Beruntung temanku mempunyai kakak yang bekerja di PPSC hingga kita diizinkan untuk melihat dari dekat lokasi penangkaran satwa tersebut.

ppsc car

ppsc car

Setelah tiba di Sukabumi kami dijemput oleh mobil PPSC yang kebetulan pada hari itu sedang ke kota sukabumi untuk berbelanja buah buahan bagi satwa2 yang berada disana, setelah usai membeli berbagai macam buah kami segera menuju PPSC dengan jarak tempuh kurang lebih selama 2 jam perjalanan. Ditengah jalan kami sempat berhenti sebentar untuk membeli umbi2an sebagai bahan makana satwa tersebut, dan sekitar pukul 4 sore kami tiba di lokasi PPSC tersebut.

ppsc

ppsc

Berbagai satwa yang berada dalam penangkaran ini didapat dari penyitaan di masyarakat ataupun penyerahan sukarela dari masyarakat itu sendiri dan kebanyakan satwa2 tersebut berasal dari daerah Bandung, Bogor, Sukabumi, Cianjur, dan Serang. Satwa yang berada di PPSC ini terdiri dari berbagai macam jenis burung, primata, reptil bahkan beruang dan macan pun ada terdapat di tempat ini. Satwa2 disini sengaja dirawat dan dikembalikan ke kondisi aslinya (diliarkan kembali) hingga jika pada saatnya tiba satwa2 ini telah siap untuk dilepaskan ke habitat masing2.

ppsc

ppsc

Lokasi PPSC ini sangat luas dan terbagi atas beberapa bagian seperti kantor, mess volunteer, tempat penangkaran dan lain2. Dan bila ada dari teman2 yang ingin menjadi volunteer di sini dapat menghubungi pihak PPSC dan juga yang berkeinginan untuk menjadi orang tua asuh bagi satwa2 disini.

Berikut aku tampilkan beberapa satwa yang masih dalam penangkaran sebelum dilepaskan kembali ke habitat aslinya.

beruang

beruang

elang

elang

kasuari

kasuari

lutung

lutung

buaya

buaya

orang utan

orang utan

Terima kasih sebesar besarnya kepada pihak PPSC ( Pusat Penyelamatan Satwa Cikananga) yang telah mengizinkan kami untuk meliput tempat penangkaran satwa ini.

** Mari Selamatkan Satwa Kita **