Merbabu 3.124 Mdpl Gunung Merbabu merupakan target pendakian aku kali ini, berawal atas ajakan rekan seperjalan maka kami mempersiapkan rencana pendakian gunung Merbabu ini pada tanggal 10 dan 11 Juli 2010. Gunung Merbabu dengan ketinggian 3.142 Mdpl ini merupakan sebuah gunung api tua dengan banyak puncak yang berada di atasnya. Dan diantara puncak-puncak tersebut ada 2 puncak tertinggi di gunung ini yaitu: puncak Syarif dengan ketinggian 3.119 Mdpl dan puncak Kenteng Songo dengan ketinggian 3.142 Mdpl.

Setelah semua persiapan pendakian selesai dilakukan, maka pada tanggal 10 juli 2010 pukul 20:00 malam kami berangkat dari Yogyakarta dan menuju Magelang, dengan tujuan kami melalui jalur Wekas. Setelah kurang lebih 1 jam perjalanan kami tiba di desa Wekas dan segera mengurus perizinan pendakian. Setelah semua selesai kami memulai pendakian pada pukul 22:00 malam. Dalam perjalanan ini kami melewati beberapa ladang penduduk, pos I dan kawasan hutan pinus dengan kondisi jalan yang menanjak cukup curam. Setelah berjalan selama 2 jam 30 menit, kami tiba di pos II dan segera mendirikan tenda di tempat ini. Dan setelah menyantap makanan dan minum minuman hangat kami segera beristirahat karena esok pagi kami akan melakukan pendakian menuju puncak gunung Merbabu. Di pos II ini juga terdapat air bersih yang dapat diambil dari pipa penduduk dengan cukup memutarnya saja.

Pos II

Sindoro mt & Sumbing mt

Jalur pendakian

Tanggal 11 Juli 2010 pukul 09:00 pagi setelah sarapan, kami memulai pendakian menuju puncak Kenteng Songo dan puncak Syarif. Dengan melalui beberapa puncak-puncak kecil yang cukup membuat lelah. Namun selama perjalanan menuju ke dua puncak tersebut pemandangan di sepanjang perjalanan sangat indah. Tak lama kami menemukan persimpangan ( Watu Tulis) yang merupakan titik pertemuan antara jalur Kopeng dan Jalur Wekas. Di persimpangan ini kita mengambil arah ke kanan untuk menuju puncak Kenteng Songo dan puncak Syarif. Untuk menuju ke dua puncak ini kondisi jalan tetap saja menanjak dan curam juga dengan beberapa jurang di sisi-sisi jalur tersebut yang membuat kita tetap waspada dalam melaluinya.

Persimpangan jalur Wekas dan Kopeng

jalur pendakian

Merapi mt

Merbabu 3.124 Mdpl

Tak beberapa lama berjalan kita akan menemui sebuah persimpangan, arah ke kiri menuju puncak Syarif dan ke kanan menuju puncak Kenteng Songo. kami pun menuju ke puncak Kenteng Songo terlebih dahulu dan tiba di puncak ini sekitar pukul 10:30 pagi. Setelah beristirahat di puncak Kenteng Songo kami melanjutkan perjalanan menuju puncak Syarif. Setelah selesai menyambangi ke dua puncak tersebut kami segera kembali turun ke pos II karena hari sudah sangat siang dan jam sudah memasuki saat untuk makan siang.

Merbabu 3.124 Mdpl Setelah beristirahat dan makan siang di pos II kami segera membereskan barang-barang pendakian untuk kembali turun menuju desa Wekas. Di pos II ini juga tampak beberapa ekor kera yang bermunculan menjelang sore hari, mereka tampak asik bermain-main di pepohonan di sekitar area perkemahan. Dan pukul 16:00 kami mulai meninggalkan pos II dan tiba di pos pendaftaran di desa Wekas pada pukul 18:00 sore. Tak lama beristirahat kami kembali menuju Yogyakarta dengan membawa kenangan dan pengalaman saat mendaki gunung Merbabu.

Terima kasih kepada:
– Rekan-rekan seperjalanan: Umro, Ryan, Shanti, Siddiq, dan Uloh.
– Petugas jaga di pos pendakian desa Wekas.