Jam sudah menunjuk pukul 11 malam, aku dan beberapa temanku mulai berkumpul di seputaran semanggi. Ya malam ini kami dengan beberapa teman trip yang akan menuju pulau Tunda menunggu bis yang telah kami sewa untuk menuju pelabuhan Karang Antu. Setelah tak beberapa lama bis sewaan kami pun muncul dan tepat pukul 12 malam kami mulai berangkat menuju pelabuhan Karang Antu.
image

Perjalanan dari semanggi ke pelabuhan Karang Antu memakan waktu kurang lebih 2,5 jam perjalanan, oh ya sebelum tiba di pelabuhan Karang Antu kami mampir di pasar Serang untuk membeli beberapa kebutuhan logistik

sebagai bekal manakan kami disana, kami sengaja membeli bahan” mentah untuk dimasak disana dengan menyewa jasa tukang masak.

image

Pukul 3 dini hari kami tiba di pelabuhan Karang Antu, kami pun segera mempersiapkan diri dan menaiki kapal kelas GT dengan kapasitas 20 orang yang akan nembawa kami menuju pulau Tunda.
Perjalanan ke pulau Tunda dimulai pukul 4 pagi, walau sedikit mendung namun perjalanan menyenangkan, ombak pun bersahabat dan sebagian besar peserta trip ini memanfaatkan waktu untuk tidur.

image

image

Setelah 3 jam perjalanan (pukul 7 pagi) kami tiba di pulau Tunda, pulau yang termasuk dalam kawasan Serang – Banten ini berukuran cukup besar dan rata” mata pencaharian penduduk disini adalah nelayan.
Setelah selesai mengemasi barang dari kapal kami menuju homestay yang telah kami sewa, kami akan beristirahat dan bermalam di homestay ini.

image

Setelah selesai sarapan pagi dan beristirahat, pukul 10 pagi kami memulai aktifitas snorkeling, lokasi pertama yang kami tuju ada di sisi sebelah barat pulau Tunda, ada 4 spot di sisi barat pulau ini yang kami pakai untuk beraktifitas snorkeling. Seharian kami habiskan waktu untuk bersnorkeling sambil makan siang di kapal.
Setelah puas bersnorkeling, pukul 4 sore kami ke kembali ke homestay  untuk beristirahat.

Pukul 5.30 sore kami melakukan perjalanan ringan menuju sebuah villa yang terletak di sisi barat pulau, kami menyusuri jalan setapak yang tepat berada di belakang homestay kami. Dengan perjalanan kurang lebih 10-15 menit kami tiba di villa tersebut dan mengabadikan beberapa foto disini.
Pukul 6:30 sore kami kembali ke villa untuk makan malam.
image

Malam ini pukul 10 kami kembali ke villa yang tadi sore kami datangi untuk menerbangkan beberapa lampion di dermaga villa tersebut, lampion ini merupakan cara penyambutan dari guide lokal yang telah kami sewa. Ada sekitar 7-8 lampion yang kami terbangkan walau beberapa lampion diawal sempat gagal karena faktor angin yang kencang namun 5 buah lampion akhirnya dapat kami terbangkan.
image
Setelah selesai acara lampion ini kami kembali ke homestay untuk beristirahat dan mempersiapkan acara snorkeling esok hari.

image

Setelah sarapan pada pukul 9 pagi ini kami kembali menuju kapal untuk melakukan snorkeling di hari kedua, lokasi yang kami tuju adalah sisi utara pulau Tunda yang merupakan spot terbaik untuk snorkeling. Namun ternyata angin dan ombak tidak mendukung untuk aktifitas ini dan kami berpindah lokasi ke sisi timur pulau Tunda. Hanya 1 spot yang kami pakai di tempat ini.
image

Setelah puas bersnorkeling kami kembali ke homestay untuk makan siang serta mempersiapkan diri untuk kembali ke Jakarta.

Pukul 2 siang kami kembali menaiki kapal yang kami sewa untuk kembali menuju pelabuhan Karang Antu, selama perjalanan kembali ini angin tampak sedikit kuat dibandingkan kami berangkat kemarin, dan sempat gerimis dalam perjalanan. Untuk kapal yang kami sewa sudah dipersiapkan terpal atau penutup yang dapat digunakan dalam kondisi hujan.
Pukul 5 sore kami tiba kembali di pelabuhan Karang Antu, dari sini kami menyewa angkot untuk mengantarkan kami menuju terminal Serang. Setiba di terminal serang kami berpisah karena kami harus menaiki bus dengan jurusan masingmasing.

Saya rasa cukup catatan kecil tentang perjalanan ke pulau Tunda ini.

Terima kasih kepada rekanrekan seperjalan untuk trip ini dan juga kepada kang Ansor serta keluarga di pulau Tunda. Lain kali saya akan kembali ke pulau ini untuk mencoba snorkeling di sisi utara pulau Tunda yang tertunda……hehehe….
image

Salam….

#Pulau Tunda, 29-31/01/2016