Pada tanggal 6 – 7 februari 2010, IBP kembali mengadakan gathering, dimana untuk gathering kali ini pulau Sebesi di Lampung terpilih sebagai tempat berlangsungnya acara gathering tersebut.
Kebetulan pada gathering kali ini aku ditunjuk oleh teman2 panitia sebagai CP (contact person) untuk membantu rekan-rekan yang berangkat dari terminal kampung rambutan kampung rambutan. Pada pukul 21:00 aku sudah berada di terminal kampung rambutan, setelah jumlah peserta yang melalui terminal kampung rambutan hadir semua (20 orang) pada pukul 22:00 kami berangkat menuju pelabuhan merak sebagai meeting point dari seluruh peserta yang datang dari tempat-tempat lain. Kami tiba di pelabuhan merak pada pukul 01:30 dan ternyata kami merupakan team terakhir yang tiba disana.

Pada pukul 02:00 kami seluruh peserta gathering yang berjumlah sekitar 96 orang berangkat meninggalkan pelabuhan merak dan menuju pelabuhan bakauheni Lampung Selatan. Pukul 04:30 kami tiba di pelabuhan bakauheni dan beristirahat sebentar sambil menunggu kendaraan (angkutan kota) yang kita sewa menuju pelabuhan canti. Pada pukul 06:30 kami berangkat menuju pelabuhan canti dengan menyewa 8 buah angkutan kota dengan rute pelabuhan merak – kalianda – pelabuhan canti, dengan lama waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan.

Pada pukul 07:30 kami tiba di pelabuhan canti dan ternyata kedatangan kita disambut dengan guyuran hujan di pagi itu. Saat tiba di pelabuhan canti ini ternyata kapal yang kita sewa untuk menuju ke pulau sebesi belum datang makan waktu ini dimanfaatkan rekan-rekan IBP untuk sarapan dan beristirahat sejenak di perkampungan nelayan ini. Setelah kapal tiba dan menunggu hujan reda, kami seluruh peserta gathering berangkat menuju pulau sebesi pada pukul 09:30 dan tiba pada pukul 11:00 siang.

pelabuhan canti - lampung

pulau omang-omang

pulau sebesi

pulau sebesi Saat tiba di pulau sebesi kami disambut oleh pak Hayun sebagai pengelola penginapan dan kapal di pulau sebesi ini. Setelah makan siang dan pembagian kamar selesai maka acara bebas pun dimulai. Tentu saja rekan-rekan tidak menyia-nyiakan waktu ini, mereka segera berhamburan kesana kemari, dari mulai sibuk dengan foto-foto, susur pantai, berenang di pulau umang, snorkeling, dan bahkan ada juga yang memilih tidur karena cukup lelah setelah perjalanan semalam.

fishing time Aku sendiri memilih memancing dengan mas Aris dengan menyewa perahu nelayan, sambil berbincang-bincang dengan nelayan yang mengantar kami, aku pun mengetahui bahwa saat ini para nelayan di sekitar pulau sebesi ini sangat sulit untuk mendapatkan ikan, hal ini disebapkan banyaknya perahu-perahu besar yang memasuki perairan ini dan mengambil ikan dengan menggunakan pukat atau trawl. Hal ini tentu saja merugikan para nelayan kecil yang berada di pulau sebesi ini. Untuk saat ini para nelayan di pulau sebesi dalam memancing ikan terpaksa mengarahkan perahunya ke perairan di sekitar gunung krakatoa dengan jarak tempuh sekitar 4 jam perjalanan. Dengan harapan mendapatkan penghasilan ikan yang lebih baik untuk kehidupan mereka, selain ikan para nelayan ini juga mencari sumber laut lain seperti crab atau kepiting di pulau rakata.

Saat malam tiba para peserta tampak kelelahan setelah beraktifitas seharian, maka setelah kata sambutan dan jadwal acara besok ditentukan oleh panitia para peserta segera beranjak ke penginapan untuk tidur dan sebagian ada pula peserta yang tidur di aula termasuk para panitia tentunya.

Pagi-pagi sekali rekan-rekan sudah sibuk mengambil suasana sunrise yang dapat kita nikmati tepat di depan penginapan ini, dan setelah makan pagi maka acara gathering pun dimulai, disini dibagi beberapa kelas seperti kelas fotografer, kelas catatan perjalanan dan tulisan serta kelas extrem backpacker.

sunrise

photography class

class notes

Gathering IBP

Setelah semua acara pada gathering ini serta makan siang, kami pun mulai berkemas untuk meninggalkan pulau sebesi ini. Dan pada pukul 13:00 kami meninggalkan pulau sebesi untuk kembali ke jakarta, dengan rute pulau sebesi – pelabuhan bakauheni – pelabuhan merak – terminal kampung rambutan. Dan pada pukul 11:30 malam aku tiba kembali dirumah.

pulau sebesi

committee team

Terima kasih kepada panitia gathering IBP di pulau sebesi, Acha atas izin upload foto-fotonya, rekan-rekan gathering dan pak Hayun pengelola villa pulau sebesi indah.

Sampai bertemu lagi di acara gathering IBP berikutnya, Salam.