Chapter 4

Lombok Elf

Lombok Elf

Tanggal 26 September setelah kami menginap di air terjun Sendang Gila (Senaru – Lombok) kami mulai berkemas menuju pulau Bali, setelah sarapan dan semua perlengkapan siap kami mencarter sebuah kendaraan elf yang akan mengantar kami ke mataram setelah itu  kami menyambung lagi dengan mencarter kendaraan  lain menuju pelabuhan Lembar Lombok. Selama perjalanan menuju mataram jalan tampak berliku dan saat menyusuri jalan ini banyak dari kami yang mulai tertidur karena masih lelah setelah pendakian ke gunung Rinjani kemarin. Kami pun sempat mampir di sebuah warung buah untuk menyantap durian dan pisang setelah itu kami kembali melanjutkan perjalanan menuju mataram.

Sesampainya di mataram kami berpindah kendaraan dan mencari bis menuju Bali, setelah bertanya – tanya ternyata lebih murah bila kami menyewa kendaraan menuju pelabuhan Lembar kemudian menaiki kapal feri  lalu mencarter kendaraan lagi menuju Kuta Bali.

Gunung Agung Bali

Gunung Agung Bali

sunset

sunset

Poppies II - Bali

Poppies II - Bali

Akhirnya kami tiba di Kuta Bali pada pukul 22:00 malam dan perjalanan ini belum selesai setelah kami makan kami kembali mencari – cari penginapan murah di antara jalan poppies I dan poppies II, ternyata banyak sekali yang sudah penuh namun akhirnya kami berhasil mendapatkan penginapan di hari yang sudah sangat larut ini. Tidur di dalam ruangan jauh lebih baik dari pada kami tidur di luar dengan kondisi badan yang lelah bisa – bisa besok malah sakit dan tidak dapat mengunjungi beberapa pantai yang telah kami rencanakan. Namur ternyata malam itu ada beberapa teman kami yang tetap berniat untuk tidur di luar yaitu di sekitar pantai Kuta.

Kuta Bali

Kuta Bali

Pagi 28 September 2009, …Ow… ternyata mobil carteran kami sudah siap di penginapan tanpa waktu lama kami segera berputar – putar di daerah Kuta untuk mencari sarapan, Oh ya disini Rio juga berpisah dengan kami untuk kembali lebih dahulu menuju Jogja. Setelah itu kami menuju bandara untuk mengantar Novel dan Tyas membeli tiket pesawat karena mereka tidak memiliki tiket promo  untuk pulang dan setelah semua urusan tiket serta makan siang selesai kami  menuju Uluwatu untuk mengabadikan sunset.

Uluwatu

Uluwatu

Uluwatu

Uluwatu

Uluwatu

Uluwatu

Uluwatu sunset

Uluwatu sunset

Perjalanan ke Uluwatu ini lumayan jauh dan setelah beberapa kali bertanya – tanya kami tiba juga di tempat tersebut. Dari Uluwatu hari sudah sangat sore dan kami memutuskan untuk menuju pantai Sanur yang jauh lebih tenang dari pantai Kuta. Setelah sempat tersasar hehehe… kami akhirnya tiba di pantai Sanur pada pukul 20:00 malam. Sangat tenang memang di pantai Sanur ini apalagi sambil menikmati kopi susu hangat dan cemilan serta jagung bakar yang cukup menggugah selera.

Tanggal 29 September 2009 dini hari sekitar jam 02:00 kami meninggalkan pantai Sanur ternyata tidak bisa menginap dan bermalam di pantai ini sebab besok akan ada acara adat yang berlangsung di pantai ini, itu juga kata beberapa Pecalang ( Pecalang = Polisi adat Bali ) yang menghampiri kami. Para pecalang itu juga mengatakan bahwa kita sudah tidak bisa menginap di pantai – pantai pulau Bali karena pulau Bali sudah tidak seaman dulu. Oh ternyata itu alasannya maka kami segera kembali menuju penginapan kami di pantai Kuta. Disini pun teman – teman lebih memilih untuk tidur di pantai dan di mobil dari pada di penginapan …hehe.. maka tinggal aku dan Dono yang malam itu begadang sambil ditemani kopi dan pop mie hangat untuk mengawasi teman – teman yang sudah terlelap tidur di mobil dan pantai Kuta.

Tanah Lot

Tanah Lot

Pukul 08:00 pagi setelah kami sarapan kami kembali meluncur menuju Tanah Lot dan sekitar pukul 10:00 kami tiba di Tanah Lot. Setelah menikmati keindahan Tanah Lot tersebut pada siang harinya kami kembali menuju bandara untuk mengantar Novel dan Tyas yang pulang terlebih. Setelah itu kami kembali  ke daerah Kuta untuk berbelanja souvernir dan makan siang. Setelah selesai pada sore harinya kami menuju bandara Internasional Ngurah Rai untuk kembali ke Jakarta. Namun karena kami menggunakan tiket promo (tiketnya backpacker) maka tujuan kami buka ke Jakarta namun ke Bandung terlebih dahulu (sesuai dengan tujuan tiket promo tersebut).

Tiba di Bandung

Tiba di Bandung

Sekitar pukul 19:00 sore pesawat mulai meninggalkan Bali menuju Bandung , lama perjalanan pesawat ini kurang lebih sekitar 45 menit dan pada pukul 20:00 malam kami tiba di Bandung. Setelah tiba Bandung Aku dan Zul berpisah dengan teman – teman menggunakan jasa travel ke jurusan Jakarta Selatan sedangkan mereka ( Novian, Dono, Kandar, Angel, Eyi, Dwi )  menggunakan travel dengan jurusan mereka masing – masing.

Tepat jam 23:00 malam aku kembali tiba di rumah dan akhirnya “Trip panjang 16 – 29 September 2009 itu berhasil…..”

Harga – harga yang aku dapat :

  • Carter mobil Senaru – Mataram (Elf) : 700.000,-
  • Carter mobil Mataram – Pelabuhan Lembar : 165.000,-
  • Tiket kapal ferry : 31.000,-
  • Carter mobil pelabuhan Padang Bai – Kuta, Bali : 385.000,-
  • Sewa mobil di Kuta (Phanter) : 150.000 / hari.
  • Tiket masuk Tanah Lot / orang : 8.000,-

Catatan : Semua harga – harga baik di Lombok maupun Bali sewaktu – waktu dapat saja berubah.

Terima kasih kepada :

  • Novian, Dono, Kandar, Angel, Tyas, Eyi, Zul, Novel, Dwie, & Rio atas foto – fotonya.