Sambungan dari cerita sebelumnya :

Pada tanggal 9 – 10 mei 09 kemarin aku dan teman2 ibp kembali lagi ke kepulauan seribu. Dengan hanya waktu 2 hari 1 malam maka kami memutuskan untuk berlibur di pulau Semak Daun saja.

Pada tanggal 9 pagi, tepatnya pukul 06:00 kami sudah bersiap siap di pelabuhan muara angke untuk menaiki perahu yang akan mengantar kami ke pulau pramuka sebagai tujuan awal. Wah sangat penuh penumpang pada hari ini hingga jumlah total kapal yang di berangkatkan pada hari ini sebanyak 3 buah kapal. Kami menaiki kapal yang ke 2 yang berangkat pada pukul 06:45 pagi dan tiba di pulau pramuka pada pukul 09:15 pagi.

snorkeling di soft coral

snorkeling di soft coral

Setelah kami sampai di pulau pramuka kami segera mempersiapkan perlengkapan snorkeling dan setelah semua siap kami menuju pulau semak daun untuk makan siang setelah itu kami berangkat menuju spot snorkeling yang berada di belakang pulau panggang (soft coral) setelah puas bersnorkeling kami menuju pulau karya untuk membilas badan kami dengan air tawar dan pada sore harinya kembali menuju pulau semak daun untuk menginap.

terang bulan di semak daun

terang bulan di semak daun

Sesampainya di pulau semak daun kami menggunakan home stay yang berada tepat di dermaga untuk tempat kami menginap dan tentu saja harus meminta izin terlebih dahulu. Pada malam hari setelah acara makan malam dan api unggun kami disuguhkan pemandangan terang bulan yang sangat indah kami sangat menikmati moment ini. Namun pada tengah malam angin tampak sangat kencang hingga beberapa teman memutuskan untuk langsung beristirahat di dalam rumah panggung yang berada di dermaga dan sebagian kecil dari teman2 tetap asik memasak makanan untuk cemilan malam hari di dermaga.

makan malam

makan malam

ibp family

ibp di semak daun

dermaga semak daun

dermaga semak daun

Pada tanggal 10 mei 09 kami sudah bangun sejak dini hari, dengan maksud untuk mendapatkan moment sunrise dari dermaga dan pantai di semak daun. Beruntung hari ini langit sangat cerah padahal pada malam tadi sempat mendung serta hujan ditambah angin yang sangat kencang berputar putar tak tentu arah. Setelah puas kami mengabadikan moment sunrise ini kami kembali berenang di sekitar dermaga semak daun sampai lelah hehehe….

sunrise di semak daun

sunrise di semak daun

dermaga semak daun

pagi hari di dermaga semak daun

ibp family

ibp family in semak daun island

renang di dermaga semak daun

renang di dermaga

fun fun fun

fun fun fun

kilas foto

kilas foto

Setelah makan beristirahat dan makan siang kami kembali menuju pulau pramuka untuk kembali ke Jakarta, pada saat perjalanan pulang angin sangat kencang dan ombak yang lumayan tinggi membuat kapal sangat terombang ambing, alhasil ini mengakibatkan banyak penumpang yang mabuk laut tak terkecuali aku hahaha…. Namun tak berapa lama laut kembali normal dan kami dapat tiba dengan selamat di pelabuhan muara angke Jakarta.

sunrise di semak daun

sunrise di semak daun

Terima kasih kepada :

  • Pak Menik, pak Soleh &  mbo Masuda atas bantuannya.
  • Pak Amsori atas izinnya menginap di pulau semak daun

Teman2 ibp :

  • Novian, Riki & Freii, atas foto2nya yang bagus
  • Dee, Kandar, Dono, Tieca, Eyi, Anto, Endah, Dwie, Andri, Sri, Ayi, Rika, Ipang & Dzikri.
Daftar harga2 yang sempat aku catat :
– Kapal muara angke – pramuka  : @ 30.000,-  / 60.000,-  PP
– Carter kapal (ojek) : 350.000,-
– Sewa alat snorkeling per set : @ 40.000,-
– Catering Makan ( 3x) + Aqua galon : 600.000,-
– Tips guide lokal : 100.000,-
– Tips masak : 150.000,-
– Tips penjaga pulau semak daun : 200.000,-

Dan terakhir biaya yang harus dikeluarkan perorang pada trip ini sebesar : 230 rb saja untuk semua kebutuhan yang didapat.

*catatan : harga sewaktu waktu dapat berubah*


—- Salam Backpacker —-