Akhirnya tiba juga saat untuk mendaki gunung gede, setelah 3 hari kemarin aku mendaftar untuk pendakian ini. Aku dan beberapa teman dari ibp serta beberapa teman lain dengan total peserta 11 orang pada tanggal 9 april telah berkumpul di terminal kampung rambutan pada pukul 13 siang, dimana tempat ini merupakan titik point awal keberangkatan.

Dari terminal kampung rambutan kami berangkat menggunakan bis ac agar lebih cepat menuju cibodas, setelah tiba di cibodas kami berpindah melanjutkan perjalanan dengan menggunakan angkot menuju pintu masuk TNGP. Sekitar pukul 6 sore kami tiba di pintu masuk TNGP dan setelah menyantap makan malam kami melanjutkan perjalanan ke pos montana di dalam kawasan taman nasional untuk menginap karena pendakian akan kami lakukan pada tanggal 10 april.

telaga biru

10 april pukul 6:30 pagi kami memulai pendakian dan sempat beristirahat di telaga biru untuk makan pagi, sekitar pukul 8 pagi kami melanjutkan perjalanan ke pertigaan Cibeureum, sesampainya di pertigaan cibeureum wahyu memutuskan untuk tidak melanjutkan perjalanan dikarenakan telapak kakinya tersengat oleh lebah saat berada di sekitar telaga biru. Maka perjalanan pun dilanjutkan menuju pondok pemandangan dimana ditempat ini kami akan beristirahat sejenak dan makan cemilan untuk menganjal perut.

view gunung pangrango dari canopy trail

view gunung pangrango dari pondok pemandangan

Setelah beristirahat dan berfoto2 di pondok pemandangan kami melanjutkan perjalanan menuju air panas, kandang batu dan terakhir menuju kandang badak dimana di tempat ini kami akan bermalam menggunakan tenda. Pada pukul 2 siang kami sampai di kandang badak dan segera menyantap makan siang serta mendirikan tenda. Setelah sore hari sekitar pukul 6 sore kami masuk ke dalam tenda masing2 tuk beristirahat juga karena di sebapkan udara yang sangat dingin, suasana malam di kandang badak sangat indah pada malam ini dikarenakan pada saat itu sedang terang bulan hingga puluhan tenda yang ada di kandang badak tampak jelas di kegelapan malam.

Pagi sekitar pukul 4 pagi kami bersiap menuju puncak gede setelah semua persiapan dilakukan pada pukul 5:30 pagi kami berangkat menuju puncak gede. Jalur yang dilalui cukup berat disini dimana suhu dingin juga tetap mengiringi perjalanan ini dan setelah beberapa kali kami beristirahat pada pukul 6 pagi kami tiba di bibir kawah sebelum puncak gunung gede dan sempat di tempat ini kami mengabadikan beberapa buah foto.

sunrise di puncak gede

sunrise di puncak palsu

view dari puncak palsu

view gunung pangrango dari puncak gunung gede

Setelah beristirahat sejenak di puncak palsu kami melanjutkan perjalanan menuju puncak gunung gede dengan latar belakang gunung pangrango yang megah. Perjalanan menuju puncak gunung gede dilewati dengan medan yang berpasir dan disepanjang perjalanan  kita mengitari kawah gunung gede disebalah kiri dan hamparan padang rumput surya kencana di sebelah kiri  sungguh pemandangan yang sangat indah ditambah dengan cerahnya cuaca saat itu. Setelah beberapa menit berjalan  sekitar pukul 7 pagi kami seluruh peserta tiba dengan selamat di puncak gunung gede dan tampak kepuasan di wajah kami masing2. Berikut aku beberapa foto yang diambil dari sepanjang perjalanan menuju puncak dan puncak gunung gede :

menuju puncak gunung gede

padang rumput surya kencana

pemandangan kawah gunung gede

puncak gede

puncak gede 2958 Mdpl

Setelah puas berada di puncak dan kabut  kembali menyelimuti daerah puncak gunung gede maka kami memutuskan untuk kembali menuju kandang badak. Perjalanan pada saat ini tampak mulai kelihatan jalur2 curam berbeda pada saat kita tadi memulai perjalanan ke puncak gunung gede pada saat matahari belum muncul. Berikut beberapa medan terjal dan berbatu yang sempat aku abadikan fotonya :

perjalanan pulang dari puncak gede

jalur di sekitar tanjakan setan

jalur yang curam

Pada sekitar pukul 9:30 kami tiba kembali di kandang badak dan segera kami membuat teh hangat dan menyantap makanan untuk menghangatkan badan, setelah cukup beristirahat pada pukul 12 siang kami meninggalkan kandang badak untuk kembali menuju cibodas.

melalui jalur air panas

Pada saat melalui air panas kami sedikit mengalami hambatan karena banyak pendaki yang akan melalui air panas serta kabut turun sangat tebal hingga harus ekstra hati2 dalam melewatinya. Setelah beristirahat di pertigaan cibeureum akhirnya kami tiba di pos pemeriksaan / pintu masuk pendakian di cibodas pada pukul 6 sore.

Karena hari sudah sangat sore dan banyak pendaki yang turun pada hari itu maka kami memutuskan untuk kembali menginap di montana dan pulang ke jakarta pada esok pagi. Dan ahkirnya pada minggu pagi kami berpamitan pada rekan2  di montana untuk  kembali ke jakarta.

Sungguh pengalaman yang menyenangkan.

Berikut aku sertakan harga2 perjalanan ke gunung gede :

• Bis kp. rambutan  – cibodas (ac) : 20.000,-
  • Bis kp. rambutan – cibodas (non ac) : 15.000,-
  • Angkot cibodas  : 2500,-
  • Tiket masuk TNGP : 7000,-

Terima kasih kepada :

• Peserta pendakian gunung gede ( Kandar, Novian, Dono, Novel, Kg, Ei, Angel, Toto, Ian & Wahyu)
  • Montana (Wendi, Rudi, Tabo & Cole)