monumen badak

monumen badak

Setelah sukses dengan trip ke ujung kulon pada tahun baru kemarin maka aku mengulangi trip ke ujung kulon pada tgl 25 – 29 maret ini dengan jumlah peserta yang lebih banyak, dengan total peserta 19 orang. Pada rabu malam sekitar pukul 22:00 para peserta yang rata2 di dominasi rekan2 ibp sudah mulai berkumpul di plaza semanggi sebagai tempat meeting point pada trip ini, dan setelah komplit kami berangkat pada pukul 23:30 menuju taman jaya dengan mencarter kendaraan elf. Selama perjalanan kami sempat mengalami berbagai kendala yaitu dengan mengantuknya supir dan sempat mengalami kempes ban di daerah sumur.

Sekitar pukul 10:00 pagi kami tiba di taman jaya dengan mengalami keterlambatan yang sangat parah karena harusnya kami dapat mencapai taman jaya pada pukul 7 pagi, maka rencana awal kami hendak ke pulau handeuleum terpaksa di ganti menjadi hari minggu saat kami pulang. Setelah disambut dengan hidangan nasi uduk kami segera berangkat ke pulau peucang melalui dermaga di taman jaya.

dermaga taman jaya

dermaga taman jaya

menuju peucang

menuju peucang

pulau peucang

pulau peucang

pantai peucang

pantai peucang


Selama perjalanan meuju pulau peucang cuaca sangat bersahabat walau sangat panas berada di siang hari namun ombak sangat tenang seakan akan menyambut kedatangan kami dan tak ayal segala kepenatan dan kelelahan selama berada di dalam elf dapat terbayarkan. Setelah kami melakukan registrasi di peucang kami berenang renang dahulu di peucang setelah puas  kami melanjutkan perjalanan ke cidaun dan menuju ke padang pengembalaan disana untuk bermalam menggunakan tenda.

Suasana di padang pengembalaan cidaun sangat menarik dimana kami sempat melihat banteng liar di padang ini yang sedang mencari rumput segar, di padang ini juga terdapat sungai cidaun yang sangat jernih serta dapat digunakan untuk mengambil air dan mandi. setelah puas mandi dan foto2 kami segera mendirikan tenda dan menikmati makan malam dengan menu sop wah segarnya dan saat tidur pun banyak diantara rekan2 yang memilih tidur diluar tenda dengan cerahnya malam dan pemandangan bintang2 yang sangat menarik. Saat pagi2 sekali kami sudah bangun untuk menyaksikan sunrise dari cidaun sungguh indah sunrise di pagi ini dan segera kami mengabadikannya degan kamera kami masing2.

sungai cidaun

sungai cidaun

hunting sunrise

hunting sunrise

padang cidaun

padang cidaun

cidaun sunrise

cidaun sunrise

Sekitar pukul 09:00 pagi kapal yang menjemput kami di cidaun telah tiba dan kami segera berkemas untuk melanjutkan perjalanan ke cibom yang dapat ditempuh dengan menggunakan kapal sekitar 15 menit saja. Sesampainya di cibom kami menuju pantai dengan menggunakan kano hal ini disebapkan di cibom tidak terdapat dermaga maka setelah kami bergantian menaiki kano kami tiba di cibom. Ada juga dari beberapa rekan2 ibp yang langsung terjun berenang dari kapal menuju pantai cibom hahaha mungkin karena sudah tidak sabar.

cibom UK

cibom UK

Sesampainya di cibom kami segera mendirikan tenda dan makan siang, setelah selesai kami melanjutkan perjalanan ke mercu suar dan tanjung layar, lokal guide yang kami bawa kami tinggal di cibom untuk menjaga barang2 bawaan kami beserta tenda. Jarak tempuh normal ke mercu suar dari cibom sekitar 1 jam namun karena terlalu semangatnya kami dapat menempuh sekitar 30 menit saja.

mercu suar di tanjung layar

mercu suar di tanjung layar

Sesampainya di mercu suar kami di izinkan untuk menaiki mercu suarnya dan melihat pemandangan yang sangat indah dari ketinggian sekitar 20  meter walau total ketinggian mercu suar sekitar 30 meter namun hanya sebatas itu kami diperbolehkan menaikinya. Setelah puas menaiki mercu suar kami berpamitan kepada petugas disana yaitu pak Kosasih dan kami juga menyumbangkan bahan2 logistik kepadanya untuk berjaga jaga bila saja bahan makanan logistik dari pusat terlambat datang dikirimkan kesana karena faktor cuaca yang buruk.

Setelah itu kami melanjutkan perjalanan ke tanjung layar  melewati jalan setapak peninggalan pemerintahan belanda serta melewati bekas bangunan peninggalan belanda yang dahulunya digunakan sebagai penjara. Tanjung layar ini tetap seperti saat pertama kali aku kunjungi dimana tempat ini sangat indah dengan padang pengembalaannya dan susunan tebing2nya yang megah serta deburan ombak yang sangat indah dapat disaksikan disini.

tanjung layar

tanjung layar

tanjung layar

tanjung layar

tanjung layar

tanjung layar

Dari tanjung layar kami kembali ke cibom karena hari sudah mulai sore dan kami ingin segera beristirahat sambil menunggu datangnya malam. Setelah kami makan malam di cibom kami sempat bermain kartu uno dengan aturan yang di buat semaunya hingga sangat kocak dan lucu permainan ini tak lama kami bermain hujan pun turun dengan derasnya segera kami berhamburan ke dalam tenda dan sebagian lagi berteduh di gazebo yang terdapat di cibom.

sunrise di cibom

sunrise di cibom

Saat hari masih subuh rekan2 sudah berhamburan keluar tenda untuk menunggu datangnya sunrise yang dapat dilihat dari cibom. Tak lama sunrise pun muncul dengan keagungannya dan moment ini segera dimanfaatkan kembali oleh rekan2 untuk mengabadikannya terutama yang senang dengan bidang fotografer.

Setelah makan pagi pada pukul 09:00 kami kembali menuju peucang untuk bersantai santai di pantainya serta berburu sunset di karang copong. sekitar pukul 14:30 kami menuju karang copong untuk mengabadikan sunset disana. perjalanan memakan waktu sekitar 1 jam dengan di kawal 2 petugas taman nasional kami pun menuju karang copong. Sungguh indah pemandangan di karang copong ini sepintas bentuk dan letak karang copong ini mengingatkan kita pada tanah lot di bali dengan hamparan karang, debur ombak dan tebing2 di pantainya.

karang copong

karang copong

karang copong

karang copong

karang copong

karang copong

Setelah menikmati sunset di karang copong kami kembali menuju wisma di peucang dimana kami menginap di tempat ini dengan menggunakan barak.

Pada pagi hari kami kembali menuju pantai di peucang selain mengabadikan sunrise dari peucang kami juga berenang renang di pagi hari, namun sayang cuaca agak mendung hingga tidak terlalu bagus sunrise yang dapat diambil dari peucang.

pagi hari di pantai peucang

pagi hari di pantai peucang

pagi hari di pantai peucang

pagi hari di pantai peucang

dermaga peucang di pagi hari

dermaga peucang di pagi hari

Pada pukul 09:00 kapal yang kami sewa sudah datang dan setelah makan pagi dan berkemas kami menuju pulau handeuleum sebagai tujuan akhir kami. Di handeuleum ini kami berencana berkanoing menyusuri sungai cigenter hingga ke padang pengembalaan di handeuleum.

pulau handeuleum

pulau handeuleum

Setelah registrasi di pos taman nasional kami segera berpindah dari kapal menaiki 2 dua buah kano yang tersedia, dengan masing2 kapasitas kano untuk  5 dan 6 orang untuk sekali jalan maka rombongan dibagi menjadi 2.  Karena hari sudah siang dan debit air surut maka kami tidak dapat mencapai padang pengembalaan di handeuleum sebagai tujuan akhir karena terhalang oleh pohon yang tumbang ditengah2 sungai, di sungai ini kami juga menjumpai jejak banteng dan badak yang melintasi sungai serta jejak buaya muara dan seekor ular phyton yang dengan santainya melingkar di antara batang pepohonan.

menuju cigenter river

menuju cigenter river

muara cigenter river

muara cigenter river

banteng di handeuleum

banteng di cigenter

cigenter river

cigenter river

cigenter river

cigenter river

phyton di cigenter

phyton di cigenter

Setelah selesai mengarungi sungai cigenter kami kembali ke taman jaya untuk kembali pulang ke jakarta. Pada pukul 16:00 kami tiba di taman jaya, setelah makan, mandi dan bersih2 kami berpamitan kepada pak Komar selaku pemilik kapal dan pemilik penginapan sunda jaya sebagai tempat kami singgah.

Sekitar pukul 18:30 kami pulang menuju jakarta dan ditenggah perjalanan elf yang kami sewa mengalami gangguan lagi seperti ban yang kurang angin dan matinya lampu depan hingga membuat kami terlambat tiba di meeting point yaitu semanggi. Akhirnya pada pukul 03:00 dini hari kami tiba di semanggi dengan selamat , walau ada sedikit kendala di perjalanan namun kami puas telah mengunjungi taman nasional ujung kulon yang kelak suatu saat nanti kami pasti akan kembali kesana.

Terima kasih kepada :
  • Rekan2 ibp
  • Teman2 yang ikut pada trip ini
  • Pak Komar dan local guide di taman jaya
  • Pak Kosasih pengelola mercu suar di tanjung layar atas sambutannya.
  • Pihak taman nasional ujung kulon
  • Semua pihak yang telah membantu trip ujung kulon ini
pantai peucang

pantai peucang

sunset di cibom

sunset di cibom

taman jaya

taman jaya

Berikut aku sertakan daftar harga pada trip ini dan tentu saja dengan harga backpacker :

  • Sewa kapal PP taman jaya – peucang : 3.000.000
  • Sewa kano ke cibom : 100.000
  • Elf PP jakarta – taman jaya : 1.700.000
  • Izin mendirikan tenda : 60.000
  • Tiket masuk taman nasional : 47.500 (19 org)
  • Asuransi taman nasional : 57.000 (19 org)
  • Sewa barak 2 bh : 300.000
  • Tiket kanoing di cigenter river : 950.000 (19 org)
  • Makan di sunda jaya : 95.000 (19 0rg)
  • Sewa guide 4 hari  : 400.000

Total harga per org tanpa pengeluaran lain : 6.709.500 / 19 = 353.131.57

atau sekitar : 350.000 , murah bukan…..:mrgreen:

—– nice trip —–