Perjalananku saat ini saat ini sedikit berbeda dengan perjalanan kemarin2, bila kemarin aku terbiasa jalan atau traveling ala backpacker saat ini justru aku menjadi guide…. tapi lumayanlah jadi dapat traveling gratis…. hehehe…. Ini cerita lengkapnya :

dscn5376 Sabtu pukul 05:30 pagi aku, Arif, Lani dan kate meluncur ke Muara Angke. Kami menggunakan perahu ini karena speed boat dari pantai marina ancol hari ini sudah penuh. Sesampainya di muara angke pada pukul 06:30 suasana sudah sangat ramai dan aroma amis khas pasar ikan di muara angke pun segera tercium menusuk hidung.
Kapal yang kita naiki disebut juga dengan kapal ojek ini berkapasitas 130 orang dan waktu yang ditempuh untuk sampai di pulau pramuka sekitar 2 1/2 jam.

Pukul 09:30 pagi kami tiba di Pulau Pramuka dan langsung menuju Villa de’LIMA sebagai tempat kami menginap selam 2 hari, kedatangan kami di tempat ini disambut dengan welcome drink….wah lumayan segar setelah berpanas panas ria di dalam kapal. Setelah beristirahat dan makan siang di rumah makan padang kami menyewa ojek kapal menuju Pulau Karya untuk berenang hingga tanpa terasa waktu sudah menunjukan pukul 3 sore.

ojek kapal dari muara angke

ojek kapal dari muara angke

pulau pramuka

pulau pramuka

ojek kapal di p. pramuka

ojek kapal di p. pramuka

dengan mas Beni

dengan mas Beni

tukik penyu sisik

tukik penyu sisik

penyu sisik

penyu sisik

sunset

sunset

Setelah lelah kami menuju Nusa Resto untuk memesan menu makanan buat santap malam nanti, setelah itu kami kembali menuju Pulau Pramuka dan sempat ke penangkaran penyu di sebelah timur pulau untuk melihat tukik2 dari penyu sisik, setelah puas melihat2 penyu tersebut kami kembali menuju Villa de’LIMA untuk menunggu sunset dan beristirahat sebelum malam nanti melanjutkan makan malam di karamba / Nusa Resto.

Nusa Resto

Nusa Resto

Pada pukul 19:00 boat dari Nusa Resto sudah datang untuk menjemput kami menuju Karamba untuk bersantap malam, di Karamba / Nusa Resto ini terdapat juga tempat penangkaran ikan bandeng dan disebut juga dengan bandeng tanpa duri serta dikemas untuk dikirimkan ke jakarta serta terdapat tempat penelitian bermacam2 ikan di Karamba ini. Setelah habis menyantap menu makan malam yang terdiri dari Ikan bandeng bakar, cumi goreng telor dan cap cay kami kembali ke Villa De’Lima untuk beristirahat dan tidur karena besok jadwal kami lumayan padat.

Pukul 09:00 aku menunggu rekan2 ibp yang datang ke pulau seribu untuk berlibur tak lama mereka pun tiba dengan menumpang ojek dari Muara Angke, tak lama kemudian mereka akan mencari tempat untuk mendirikan tenda di sekitar pulau pramuka maka aku kembali kepada Arif, Lani dan Kate untuk bersiap siap snorkeling dan explore pulau sebagai jadwal kami hari ini, dan beberapa rute yang akan dilalui meliputi :

– Snorkeling di daerah soft coral ( dibelakang Pulau Panggang )
– Snorkeling di daerah terumbu air ( Pulau Air )
– Explore pulau Air
– Explore pulau Semak Daun

Dan tak lupa kami memesan nasi bungkus di rumah makan padang sebagai lauk kami siang nanti, berikut foto2 saat snorkeling dan explore pulau :

Sub Coral - Pulau Panggang

Sub Coral - Pulau Panggang

Terumbu Air - Pulau Air

Terumbu Air - Pulau Air

Rute mengelilingi Pulau Air

Rute mengelilingi Pulau Air

Pulau Semak Daun

Pulau Semak Daun

Pulau Semak Daun

Pulau Semak Daun

Dermaga Semak Daun

Dermaga Semak Daun

Oh ya di pulau Semak Daun ini kita dapat Camping atau mendirikan tenda dan meminta izin dari bapak Amsori sebagai penjaga pulau ini.
Namun ada cerita mengenai pulau ini dimana orang2 pulau biasa menyebut pulau ini sebagai pulau SmackDown dan dijaga oleh bapak I’m Sorry….. hehehe…. ini betul loh tanya saja bapak Amsori sendiri bila kesana…. hehehe…

Area mancing faforit di Pulau Pramuka

Area mancing faforit di Pulau Pramuka

Setelah sore kami kembali ke Pulau Pramuka untuk beristirahat dan kembali disuguhkan sunset yang indah, malamnya kami cukup kelelahan karena snorkeling seharian dan langsung tidur, namun ternyata aku tidak bisa tidur dan memutuskan untuk ke dermaga sambil ditemani secangkir kopi hangat untuk melihat masyarakat sekitar memancing ikan dan cumi hingga pukul 1 malam…. hehehe…

Keesokan harinya kami tidak terlalu banyak kegiatan karena hari ini kami akan pulang dengan mengunakan speed boat untuk melalui Marina Ancol, maka dipagi harinya sekitar pukul 8 pagi aku mengendari ojek menuju Pulau Karya dimana anak2 Backpacker Jakarta menginap di pulau ini dan benar saja setelah sampai di dermaga ternyata mereka sedang asik berfoto – foto, setelah itu dilanjutkan dengan berenang hahahaha….. sungguh mengasikkan…

Speed boat ke Marina

Speed boat ke Marina

Sekitar pukul 10:30 aku berpamitan dengan rekan2 IBP tuk kembali ke Pulau Pramuka ( takut dikira guidenya kabur nanti ) dan kami berpisah kapal, anak2 ibp kembali ke Jakarta melalui Muara Angke dengan menggunaka ojek. Setelah sampai di Villa de’LIMA ternyata kami segera kembali menuju Nusa Resto untuk makan siang dan setelah selesai dari Nusa Resto kami kembali ke Villa De’Lima dan bermalas malasan sambil menunggu speed boat dari Pulau Sepa datang.

Pada pukul 17:00 speed boat datang dan kami kembali ke Jakarta melalui Marina – Ancol. Waktu yang ditempuh dengan speed boat ini hanya berkisar sekitar 45 menit saja. Dan sekitar pukul 18:00 kami tiba di Marina – Ancol dan kembali pulang ke rumah kami masing2…

Diatas ojek

Diatas ojek

Di Pulau Karya

Di Pulau Karya

Di Pulau Air

Di Pulau Air

Daftar harga yang aku peroleh :
– Tiket kapal (ojek) Muara Angke – P. Pramuka (2,5 jam) : 30.000 ,- / org
– Tiket speed boat sepa Marina – P. Pramuka (45 menit) : 180.000 ,- / org
– Sewa kapal (ojek) di pramuka per-tripp : 300.000 ,-
– Snorkeling per-set : 35:000 ,-
– Tiket ojek perpulau 3000 ,-
– Carter ojek untuk satu pulau ; 20.000 ,- – 30.000 ,-
– Penginapan Villa de’LIMA : 300:000
– extra bed : 25.000 ,-
– Nasi padang perporsi + minum : 15.000 ,-

Untuk Data, contact person, keterangan harga yang lain serta rute dapat menghubungi aku di : one_han2@yahoo.com

Salam……