Seperti yang aku janjikan kemarin bahwa tanggal 21-22 februari ini aku dan rekan2 ibp kembali mengadakan trip, maka aku ceritakan pengalaman perjalanan ke Situ Gunung – Sukabumi ini.

Berhubung banyaknya peserta yang jadi ikut ke Situ Gunung (42 orang) maka team dibagi menjadi 3 bagian (Team pagi, siang dan sore). Kebetulan aku ikut dengan rombongan team 1 (pagi) dengan jumlah 11 orang.

Pukul 07:30 pagi kami berkumpul di stasiun pasar minggu dan bersiap menuju bogor dengan mengunakan kereta ekonomi dengan harga tiket seharga 2000 ,-, setelah menunggu2 semua kereta ekonomi tujuan bogor penuh maka kami memutuskan untuk berganti kereta untuk menuju bogor dengan menggunakan kereta ac ekonomi, walaupun mahal namun kami dapat tetap duduk di dalam kereta, harga tiket kereta ac ekonomi ada 2 jenis yaitu membeli di peron dengan harga 6000,- atau bayar tiket diatas kereta dengan harga 10.000,- perorangnya. Pada pukul 09:00 kami berangkat menuju bogor dan tiba di stasiun bogor pada pukul 10:00.

Pukul 10:15 kami menuju terminal baranangsiang dengan mengunakan angkot (03) dengan tarif 2000,- dan tiba di terminal pada pukul 10:30. Pukul 10:35 kami berpindah menaiki kendaraan (elf) jurusan sukabumi dan turun di Cisaat, tarif kendaraan elf ini seharga 9000,- perorangnya.

Pada pukul 13:00 kami tiba di Cisaat kami sempat berteduh sambil menunggu hujan reda dan sempat makan di warung nasi padang karena sudah jam makan siang…. hehehe… setelah kenyang pada pukul 14:30 kami menuju Situ Gunung mengunakan angkot dengan tarif 5000,- perorangnya dan tiba di pos perhutani Situ Gunung pada pukul 15:00. Dari pos perhutani ini kami berjalan kaki sejauh 1 km untuk sampai ke wisma dan tempat yang kami pakai menginap pada hari itu adala aula perhutani dengan harga sewa 800 rb/hari, setelah selesai mandi, beristirahat dan foto2 sebentar aku dan novian menghubungi pak ajat selaku pengurus kompleks penginapan di Situ Gunung untuk menyiapkan ayam bakar dan api unggun. Harga satu ayam bakar 45 rb tergantung besar ayam dan tawar menawarnya serta harga api unggun 80 ribu rupiah.

Sekitar pukul 20:00 malam team 2 dan 3 datang dan tentu saja suasana jadi semakin ramai, gimana engga bila total peserta sebanyak 42 orang berkumpul pasti ramainya sudah bisa dibayangkan.

ajang perkenalan

ajang perkenalan

Setelah beristirahat dan mandi acara dilanjutkan dengan sesi perkenalan bagi rekan2 yang baru ikut pada trip ini, setelah selesai diadakan games dengan menggunakan tali rafia entah apa namanya permainan ini. dengan terikat tali dan berpasang pasangan mereka harus bisa melepaskan tali dari yang terikat ini dari pasangannya.
Setelah acara game selesai sekitar pukul 12 malam kami menyantap ayam bakar yang telah siap dengan nikmat apalagi ditambah dengan dinginnya suhu udara malam itu.

Sekitar pukul 01:00 para peserta sudah mulai mengantuk dan tumbang satu persatu, maka kami mulai mempersiapkan lokasi tidur serta alas tidur (sleeping bed) secara acak berhubung aula yang kami sewa dapat menampung 150 orang maka ruangan jadi tampak tetap luas. sementara yang lain sudah terlelap tidur masih ada beberapa rekan2 yang asik bermain kartu dan meneguk kopi hangat serta teh manis ditemani dengan cemilan tentunya hahaha….. sekitar pukul 03:00 aku pun mulai mengantuk dan tidur menggunakan tenda yang oleh sebagian rekan didirikan didalam aula agar lebih hangat.

Danau Situ Gunung saat pagi hari

Danau Situ Gunung saat pagi hari

Keesokan hari (minggu pagi) sekitar pukul 06:00 para peserta sudah berhamburan ke danau Situ Gunung untuk berfoto2 sedangkan sebagian lagi ada yang masih mandi dan kembali meneguk hangatnya kopi dan susu hangat sambil sarapan pagi.

Sekitar pukul 09:00 kami berjalan melalui jalan setapak dengan tujuan air terjun yaitu Curug Sawer. lumayan juga jarak Curuk Sawer ini yaitu sekitar 2,5 km dari aula tempat kami menginap dan dapat ditempuh dengan waktu 1 1/2 jam perjalanan dan setelah melalui dua buah bukit kami tiba di Curug Sawer. Harga tiket masuk 3000,-. Selain dari wisma (aula) tempat kami menginap Curug Sawer ini dapat pula ditempuh dari pos perhutani di pintu masuk wisma.

Curug sawer

Curug sawer

Oh ya, ada kejadian mengelikan saat kami berenang di curug sawer. Yaitu seekor ular hijau turut berenang renang diantara kami sontak kami segera berhamburan naik ke bebatuan hahaha……
Setelah puas berfoto2 dan berenang di Curug Sawer kami kembali ke penginapan untuk makan siang, setelah tiba di wisma kami mandi2 dahulu sebelum makan dan berhubung kran di kamar mandi rusak serta hanya 1 buah kamar mandi yang dapat di pakai maka kami memakainya bergantian huuh…. jadi antri…. hehe. Makan siang ini sungguh nikmat dengan ikan asin, tahu tempe dan lalapan serta dengan mengunakan piring khas ibp yaitu daun pisang hahaha…..

ibp trip to situ gunung

ibp trip to situ gunung

Setelah semua acara selesai pada pukul 15:00 kami bersiap untuk pulang ke tempat kami masing2 setelah memanggil angkot untuk menjemput kami, kami bergegas masuk ke dalam angkot karena suasana hujan terus tiada henti. Setelah tiba di Cisaat aku dan beberapa rekan2 berpisah dengan jurusan masing2 ada yang ke bandung dan jakarta (depok, uki dan terakhir rombonganku dengan jurusan kampung rambutan). Sekitar pukul 16:30 bis jurusan ciawi muncul dan kami segera naik dengan tarif 8000,-. Kami tiba di ciawi sekitar pukul 20:00 dan beristirahat sejenak sambil ke toilet, setelah itu pada pukul 20:30 kami melanjutkan perjalanan ke kampung rambutan dengan mengunakan bis yang bertarif 6000,-. pukul 21:30 kami tiba di kampung rambutan dan berganti dengan bis kota menuju rumah kami masing2 dan aku tiba dirumah pada pukul 22:00.

Biaya yang dikeluarkan perorangnya dalam trip ini : 50 rb saja (transport Cisaat – Situ gunung, tiket masuk, makan, penginapan, ayam bakar dan api unggun)

Foto2 dari rekan2 IBP :

dermaga di danau

dermaga di danau

danau di pagi hari

danau di pagi hari

jembatan di sungai / curug sawer

jembatan di sungai / curug sawer

ada ular hijaunya

ada ular hijaunya

curug sawer

curug sawer

Begitulah cerita perjalananku dan rekan ibp saat ke Situ Gunung.

Daftar harga2 transportasi yang kudapat :
– Kereta – pasar minggu – bogor (ekonomi) : 2000,-
pasar minggu – bogor (ac ekonomi) : 6000,-
pasar minggu – bogor (ac ekonomi bayar diatas) : 10.000,-
– Stasiun bogor – Terminal baranang siang (angkot hijau 03) : 2000,-
– Terminal baranang siang – Cisaat (elf) : 9000,-
– Cisaat – Situ Gunung (angkot merah) : 5000,-
– Cisaat – Ciawi (bis) : 8000,-
– Ciawi – Terminal Kampung Rambutan : 6000,-

Harga fasilitas di Wisma Perhutani Situ Gunung :
– Tiket masuk : 6500,-
– Sewa aula : 800.000,- perhari
– Penginapan : 300.000,-
– Tiket Curuk Sawer : 3000,-

Terima kasih kepada :
– Riky, Novian, Galuh, Yaya, Ayie atas foto2nya
– Seluruh rekan2 dari IBP dan rekan2 yang baru bergabung di trip ini
– Pihak Perhutani Taman Nasional Gede – Pangranggo