Malam, tanggal 16 Januari 2009 di SAS Cafe lantai 10 (Sky Dining Plaza semanggi) diadakan pertemuan awal dari teman2 backpacker yang akan mengadakan trip ke Ujung Genteng pada tanggal 24 s/d 26 Januari 2009. Pertemuan ini membahas tentang, trip perjalanan, transportasi, homestay,obyek2 yang akan dituju serta tanggal dan jam keberangkatan. Pertemuan yang dihadiri 15 orang ini akhirnya dapat menetapkan seluruh rundown event yang akan diadakan besok pada tanggal 24 – 26 januari 2009.

Ganti kendaraan

Jumat malam tanggal 23 januari 2009 pukul 20:30 para peserta sudah berdatangan di terminal kampung rambutan, ternyata jadwal keberangkatan yang semula dijadwalkan pukul 21:00 diundur karena ada beberapa peserta yang terjebak kemacetan di jakarta. Tepat pada pukul 22:00 setelah seluruh peserta tiba dan mengumpulkan uang perorang Rp 100 rb sebagai biaya transport ke Ujung genteng, kami segera berangkat menuju Ciawi Bogor dengan menaiki bis umum dan tiba di Ciawi pada pukul 23:00. Setelah sampai di Ciawi kami mencari kendaraan ke Lembu Situ dan setelah disepakati harganya kami melanjutkan perjalanan dengan 2 buah kendaraan elf, Setelah tiba di Lembur Situ kami berpindah kendaraan dengan elf lain dan mencarternya kembali dengan jurusan Lembur Situ – Surade.

Surade

Pukul 5.30 pagi kami tiba di Surade setelah seluruh badan dikocok kocok di dalam elf yang melalui jalan yang rusak serta kondisi di dalam elf yang penuh sesak…. hahaha serasa naik ontang anting…. Setelah beristirahat sebentar dan sempat sarapan bubur ayam, gorengan dan hangatnya teh manis pukul 07:30 kami menuju Cikaso dengan lama perjalanan Surade – Cikaso sekitar 30 menit. Setelah tiba di Cikaso kami membayar restribusi atau ticket masuk. Di Cikaso ada 2 rute alternatif perjalanan yang dapat ditempuh, yaitu jalan darat (sekitar 15 -30 menit perjalanan) atau melalui sungai dengan menyewa kapal, dan dipastikan kami memilih mengunakan perahu agar mendapatkan moment foto2 di perahu hehehe……

di perahu

Setelah puas berfoto foto di Cikaso kami melanjutkan perjalanan ke Cigangsa untuk melihat air terjunnya. Pukul 09:00 kami berangkat menuju Cigangsa dengan lama perjalanan sekitar 1 jam, pada pukul 10:30 kami tiba di Cigangsa. Perjalanan ke curug Cigangsa dari desa penduduk melewati area persawahan dan perkebunan yang ditempuh kurang lebih hanya 5 – 10 menit. Namun sayang sesampainya di Curug Cigansa debit airnya sedang sedikit namun walau begitu kami pun masih dapat menikmati keindahan Curug Cigangsa tersebut.

Curug Cikaso

Curug Cigangsa

Sebelum melanjutkan perjalanan ke Goa Gunung Sungging kami beristirahat dan makan siang di rumah penduduk, pukul 13:30 siang kami meninggalkan Curug Cigangsa dan menuju Goa Gunung Sungging.
Setelah melalui beberapa jalan pedesaan pada pukul 14:20 kami tiba di Goa Gunung Sungging. Sebelum memasuki Goa kami melapor kepada juru kunci Goa tersebut. Suasana didalam Goa ternyata sangat bagus dimana dahulu mungkin merupakan jalur air bawah tanah dan menurut juru kunci ini merupakan peninggalan dari prabu siliwangi, ada juga beberapa fenomena alam yang menarik di Goa ini seperti stalagmit dan stalagtit yang berbentuk kepala ular. Semakin kita kedalam maka hawa semakin panas dan semakin sulit namun itu tidak menyurutkan niat kami untuk terus menjelajahi Goa Gunung Sungging ini.

Gerbang Goa

susur goa

kepala ular

Pada pukul 16:00 kami selesai menyusuri Goa Gunung Sungging dan sempat mencuci kaki di sungai karena kondisi goa yang becek dan….. disinilah musibah dimulai… “Plung…. Plung…? ;;;….^#@ *!!!!” Aaaarrgghh…. camera dan hp ku meluncur jatuh kedalam sungai wah sempat panik juga setelah dibongkar bongkar ternyata hp ku masih dapat menyala tapi si camera….? harus rela mati selama 2 hari…… hiks…😦 , maka terpaksa aku meminjam beberapa gambar dari teman2 IBP untuk melengkapi gambar di blogku ini…. (terima kasih ya teman2)…….πŸ™‚

setelah camping

Setelah dari goa kami melanjutkan perjalanan ke AURI dan tiba pukul 17:00. Di AURI kami meminta izin lokasi untuk tempat kami akan mendirikan tenda untuk bermalam dan tempat pun ditentukan disebelah penginapan pondok adi, dimana selain masih dekat dengan penduduk kita juga dapat menyewa kamar mandi buat 24 orang hehehe…..
Pagi hari setelah selesai sarapan, mandi dan packing kami sekitar pukul 10:00 melanjutkan perjalanan menuju Cipenarikan untuk mengejar sunset dan bermalam dipusat penangkaran penyu. Lama perjalanan ke pusat penangkaran penyu kurang lebih 2 jam perjalanan dan kita menyusuri pantai dengan disuguhkan pemandangan pantai yang sangat menarik.

Ujung Genteng

garis pantai

penangkaran penyu

Sekitar pukul 12:00 kami tiba di pusat penangkaran penyu. Setelah kami beristirahat dan makan siang kami segera mendirikan tenda untuk tempat kita bermalam nanti, setelah semua selesai sekitar pukul 15:00 kami bergegas menuju Cipenarikan untuk mengabadikan moment sunset. Pukul 16:30 kami tiba di Cipenarikan dan waaahh…. masih lama ternyata moment sunsetnya, maka untuk menunggu waktu kami berenang renang dan bercanda ria dipantai.

Cipenarikan

nunggu sunset

berenang dulu

Setelah puas mengabadikan moment sunset dan lelah berenang pada pukul 18:30 kami kembali ke penangkaran penyu untuk makan malam karena sudah sangat lapar dan beristirahat karena pada malam harinya kami akan melihat proses bertelurnya penyu di pantai Cipenarikan ini.
Pada pukul 20:00 penyu2 mulai berdatangan ke pantai untuk bertelur, kami pun bersiap siap melihat proses bertelurnya penyu dan dibagi menjadi beberapa grup. Sekitar pukul 22:00 giliran grupku untuk menuju pantai dan ternyata sungguh besar ukuran penyu yang bertelur ini, penyu ini adalah jenis penyu hijau dan ketika bertelur umur penyu diperkirakan sekitar 50 tahun.

proses bertelur

selesai bertelur

Setelah selesai mengamati proses penyu hijau bertelur kami kembali ke tenda untuk beristirahat dan bangun pagi, karena pada pagi besok pihak pengelola dari penangkaran penyu akan melepaskan beberapa anak penyu atau Tukik ke laut. Wah… jadi tidak sabar nih menunggu besok.

Tukik

Senin pagi tanggal 26 januari 2009 pada pukul 07:00 kami menuju pantai untuk melihat anak penyu atau Tukik tersebut dilepaskan ke habitat aslinya / laut, dimana sangat lucu melihat Tukik2 tersebut berjalan menuju laut lepas. Sungguh senang kami melihat moment ini dimana pada tempat lain mungkin banyak penyu2 ini yang diburu dan diperjual belikan, terima kasih kepada dinas penangkaran penyu di Cipenarikan ini yang telah melindungi dan melestarikan penyu2 tersebut.

sebelum pulang

Setelah selesai kami sarapan pagi dan packing, karena kami akan kembali ke jakarta siang ini, setelah semua beres kami dijemput elf pada pukul 12:00 dan mencarternya langsung ke sukabumi. Sesampainya di terminal sukabumi pukul 18:30 kami berpisah dengan beberapa teman karena ada yang pulang menuju bandung, kami tiba sekitar pukul 22:30 di terminal uki jakarta dan setelah berpamitan dengan2 rekan2 IBP kami berpencar dan menuju rumah kami masing2 dengan sejuta kenangan indah….. Oh ya total biaya yang dikeluarkan masing peserta atau perorang pada trip Ujung Genteng ini tidak lebih dari 200 rb rupiah, itu sudah termasuk transport, makan, ticket masuk obyek wisata, parkir kendaraan, sewa kapal, sewa kamar mandi penduduk, fee juru kunci goa, uang kebersihan dan ojek. murah bukan….πŸ˜€

Terima kasih ya buat rekan2 IBP Jakarta, semoga kekeluargaan ini dapat terus berlanjut……dan ditunggu trip selanjutnya,…. Salam.

Daftar harga yg didapat :

Transport :
> Bus, Kampung Rambutan – Ciawi : 6000,-
> Elf, Ciawi – Lembur Situ : 12.500,-
> Elf, Lembur Situ – Surade : 20.000,-
> Elf, surade – Sukabumi : 22.000,- (arah pulang)

Curug Cikaso :

Kang Giman
– Kiriman foto2 dari : Novel, Dwie, Ricky dan Novian
– Daftar harga perjalanan : Tyas
– Seluruh rekan2 IBP Jakarta yang telah ikut pada trip Ujung Genteng 24 -26 Januari 2009 (Hera, Eksi, Andri, Cantieca, Dono, Kandar, Maria, Ling Ling, Gunard, Anto, Rian, Handa, Dwie, Freei, Angel, Eyi, Zaen, Erwien, Endah & Mardea)
– AURI di Ujung Genteng
– Seluruh staf di penangkaran penyu