Jumat malam aku mendadak di telepon temanku (Umro) dia menanyakan “Han, besok mau ikut ke kawah putih…..? kalau mau jam 5 pagi ke rumah gw” langsung aja aku meng-iyakan ajakan tersebut karena aku juga belum pernah kesana… mumpung gratis maka aku menjawab “Siap besok gw ketempat loe jam 5 pagi, sampai besok…” maka ternyata ketika sampai dirumahnya sabtu jam 05.30 pagi ia belum bangun… hahaha ternyata jam berangkat diundur sekitar jam 08:00 pagi.

Singkat cerita, kami mulai start sekitar jam 08:00 pagi menuju ke Kawah Putih dan rute yang dilalui : Tol Cikampek —> masuk ke Tol Purbaleunyi —> keluar pintu Tol Kopo —> setelah keluar ambil jalan ke kanan ke arah Soreang lurus saja dan jarak pintu tol Kopo – Soreang sekitar 12 km. Terus saja ikuti jalan dan ada beberapa titik kemacetan disekitar pasar dan terminal, lalu susuri jalan dan ikuti petunjuk yang ada. Setelah melewati  kantor pemda dan jalan yang masih lebar (kira2 500 m) kita akan menemukan pertigaan (kiri ke Banjaran dan kanan ke Soreang – Ciwidey).

Dari sini jalan akan menyempit dan naik turun bukit serta hawa udara semakin dingin, juga banyak ditemui kebun2 strawberi di kiri kanan jalan. Jarak antara Soreang – Ciwidey (11 km), jarak Ciwidey – pertigaan Kawah Putih (7 km). Sebelum kita masuk ke kawasan Kawah Putih akan menemukan pertigaan (kiri ke kawah putih – lurus ke Jati Patengan) kita ambil kiri dan mendaftar dengan harga perorang 10.000,- dan kendaraan 20.000,-. Jarak dari pos pendaftaran menuju kawah putih sekitar 5 km dengan jalan yg rada sempit naik turun bukit dan berliku, sekitar pukul 11.30 kita tiba di kawah putih. Berikut aku tampilkan beberapa foto yang sempat aku ambil disana (nb : klik pada gambar untuk memperbesarnya)

jalan menuju ke kawah putih

jalan menuju ke kawah putih dari arah parkir

jalan menuju kawah putih

jalan menuju kawah putih

bekas tambang belerang pada jaman jepang

bekas tambang belerang pada jaman jepang

kawah putih

kawah putih

umro & hanhan

umro & hanhan

kawah putih

kawah putih

Setelah puas berfoto – foto ria di kawah putih kami makan jagung bakar yang ada di warung makan, di sekitar areal parkir.

Lumayan untuk menganjal perut hehehe…. Sekitar pukul 02:00 kami melanjutkan perjalanan menuju Situ Patengan, di sepanjang jalan menuju Situ Patengan banyak dijumpai beberapa tempat wisata antara lain, pemandian air panas Ciwalini, bumi perkemahan Ranca Upas dan perkebunan teh Ranca Bali.  Setelah itu ada pertigaan dan kita mengambil jalur ke kanan dan menuju ke gerbang Situ Patengan dan mendaftar registrasi disana. Setelah kita melalui gerbang Situ Patengan kita akan dihibur dengan hamparan kebun teh yang menghijau dan jika telah nampak hamparan air yang luas maka tibalah kita di Situ Patengan.

Situ Patengan merupakan sebuah danau yang dikelilingi oleh perkebunan teh dan hutan tropis serta terdapat pulau di tengah2 danau yaitu pulau Asmara, selain pulau Asmara yang menjadi tujuan wisatawan juga terdapat Batu Cinta. Yang konon menurut legenda “siapapun yang singgah ke Batu Cinta dan mengelilingi pulau Asmara maka akan mendapatkan cinta yang abadi”. Kami pun menyewa perahu untuk mampir dan mengitari danau, oh ya harga sewa perahu sekitar 150.000,-  -  200.000,- dan memuat sekitar 15 – 20 orang.

Ini aku tampilkan beberapa foto yang kuambil dari Situ Patengan :

jalan disekitar danau

jalan wisata di sekitar danau

danau disebelah danau situ patengan

danau disebelah danau situ patengan

perahu yang akan kita sewa

perahu yang akan kita sewa

pulau asmara yang berada di tengah2 danau

pulau asmara

"batu cinta"

"batu cinta"

dilarang parkir

dilarang parkir

perkebunan teh

perkebunan teh

situ patengan

situ patengan

situ patengan

situ patengan

situ patengan

situ patengan

Setelah puas mengitari danau kami pun kembali dan sempat turun hujan serta muncul kabut yang sangat tebal disekitar danau, juga tampat beberapa pemancing yang sedang memancing di sekitar danau. Sekitar pukul 5 sore sore kami kembali pulang menuju jakarta sambil diiringi hujan gerimis brrrr….. dingin banget hahaha…..

Jika kalian ada waktu luang atau liburan  coba deh ke kawah putih atau situ patengan lumayan kok harga tiketnya tidak terlalu mahal apalagi jika datang  bersama  rombongan, selamat berwisata…..

About these ads