Chapter 2

Menuju Bangsal - Lombok

Perjalanan kali ini aku dan teman-teman menuju ke pantai Kuta – Lombok sebagai tujuan kami berikutnya, dan pada tanggal 20 September 2009  pukul 10:50 kami meninggalkan Gili Meno dan tiba di pelabuhan bangsal pada pukul 11:20. Setelah itu kami melanjutkan perjalanan dengan menyewa mobil menuju pantai Kuta – Lombok. Dan sesampainya di pelabuhan bangsal salah seorang teman kami (Rio) ternyata sudah menunggu kami dan ia pun ikut dalam perjalanan menuju pantai Kuta – Lombok.

Sekitar pukul 16:00 kami tiba di penginapan di pantai Kuta setelah sebelumnya kami survey ke beberapa pantai di sekitar Kuta untuk kami kunjungi esok harinya. Kami menginap di penginapan Segare Anak dan mendapatkan tempat spesial yang sangat murah dengan harga perorang untuk sehari sekitar 12.500 rupiah saja. Sebenarnya ruangan ini akan diperuntukan sebagai kantor pos namun karena belum berfungsi maka dapat kami pakai untuk menginap. Dan setelah proses negoisasi selesai maka tempat tersebut berubah fungsi menjadi ruangan tidur lengkap dengan extra bed serta tirai-tirai penutup jendela. Di sore ini pun Dini berpisah dengan kami karena ia ingin segera kembali ke bali untuk menghabiskan waktu liburannya disana.

Pantai Kuta

Tanggal 21 September 2009 sebagian dari teman-teman sudah bangun pagi-pagi sekali untuk mengabadikan suasana pantai Kuta di pagi hari. Setelah sarapan pagi dan motor sewaan telah siap kami segera mengexplore pantai-pantai yang berada di sekitar pantai Kuta ini. Dan pagi ini diawali dengan pantai Kuta, pantai yang berkarang ini banyak dimanfaatkan penduduk pada pagi hari untuk mengambil rumput rumput laut yang terbawa ombak pada malam harinya.

Di penginapan

kuta lombok

Berikut pantai-pantai yang sempat kami kunjungi pada hari ini :

Pantai Mawon

Pantai ini sangat indah dengan diapit dua buah daratan dan berbentuk teluk ini sangat bersih dengan ciri khas pasir pantai yang besar-besar, tempat ini sangat cocok digunakan sebagai tempat berjemur dan berenang karena tenang dan tidak terlalu ramai di kunjungi oleh pengunjung juga tampak beberapa wisatawan asing yang sedang berjemur di pantai ini. Air di pantai Mawon ini sangat sejuk dan dingin mungkin karena terlindung dari hantaman ombak langsung maka pantai ini sangat bersih dan bebas dari karang.

Pantai Mawi

Pantai Mawi mirip seperti pantai Mawon dan pantai ini lebih luas dengan kontur tanah yang berbukit – bukit. Pantai Mawi diapit oleh dua buah bukit dan kita dapat mendakinya untuk mengambil gambar pantai tersebut secara keseluruhan. Ombak di pantai Mawi ini juga lebih besar dan ini membuat pantai ini cocok menjadi salah satu lokasi surfing di lombok. Pencapaian ke pantai Mawi ini lumayan jauh dari pantai Kuta tempat kami menginap dan pantai ini juga jauh dari perkampungan penduduk, dalam mencapainya kita harus melalui jalan yang tidak beraspal dan melewati perkebunan penduduk. Sebelum memasuki kawasan ini kita membayar tiket masuk untuk kendaraan motor 5.000 rupiah serta ada beberapa penduduk yang sengaja datang ke tempat ini untuk menjual barang dagangan seperti jenis – jenis kue, snack, air minum bahkan buah – buahan seperti pisang.

Tanjung Aan

Tanjung Aan sangat berbeda dibandingkan dengan pantai Mawon maupun Mawi, Pantai ini lebih di dominasi oleh karang – karang yang menjorok ke laut dan kita dapat berjalan – jalan diatasnya apabila laut surut.  Di pantai ini juga terdapat bukit yang dapat kita panjat untuk dapat melihat pemandangan pantai dari puncaknya. Tanjung Aan ini mirip sekali dengan pantai Kuta lombok dan hanya berbeda pada keramaian pengunjungnya saja, pada hari biasa pantai ini lebih sepi dibandingkan pantai Kuta kecuali pada musim liburan atau hari – hari libur pantai ini berubah menjadi sangat ramai dan riuh oleh pengunjung yang datang dari lombok sendiri maupun dari luar kota.

Sore hari pun tiba dan kami segera kembali ke penginapan karena sudah letih berputar-putar sehari penuh di pantai-pantai tersebut. Setelah mandi kami segera mencari tempat makan atau kios-kios makanan yang banyak terdapat disekitar pantai Kuta dan berbincang-bincang hingga larut malam.

Harga-harga yang sempat aku catat :

• Penginapan perorang : 12.500,-
  • Makan @ 1 kali : 15.000 – 20.000,-
  • Tiket masuk kendaraan tiap pantai : 5000,-
  • Sewa motor perhari : 40.000,-

Terima kasih kepada : Novian, Tyas, Angel, Zul dan Rio atas foto-fotonya.